You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Patalan
Desa Patalan

Kec. Kendal, Kab. Ngawi, Provinsi Jawa Timur

Dukung Digitalisasi, Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengenalkan Teknologi di Desa Patalan

Administrator 11 Februari 2024 Dibaca 22 Kali
Dukung Digitalisasi, Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengenalkan Teknologi di Desa Patalan

Di era digital yang terus berkembang, peran teknologi tidak lagi terbatas hanya pada kota-kota besar. Masyarakat desa juga semakin aktif mengadopsi teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup dan memajukan komunitas mereka. Dari penggunaan telepon genggam untuk mengakses informasi hingga pemanfaatan internet untuk memperluas jangkauan pasar produk pertanian lokal, inovasi teknologi telah menjadi kunci dalam memperkuat konektivitas dan meningkatkan kesejahteraan di pedesaan. Di Desa Patalan, mahasiswa KKN-PPM melakukan serangkaian program guna mendukung digitalisasi dengan memperkenalkan teknologi di desa. Rangkaian kegiatan ini menitikberatkan pada tiga aspek utama yaitu pemerintah desa, siswa sekolah dasar dan ibu PKK. 

Pada rangkaian kegiatan pertama, mahasiswa KKN melakukan optimalisasi laman website Desa Patalan dengan menambahkan peta desa, melakukan update menu, dan memperbarui data administratif. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas informasi bagi warga desa dan membantu pengelolaan administrasi secara efisien. Harapannya website desa dapat berfungsi membagikan informasi publik dan penting kepada warga desa serta pihak luar secara mudah diakses. Informasi seperti kegiatan sosial, acara-acara komunitas, dan layanan publik dapat diperbaharui secara berkala sehingga warga desa dapat tetap terinformasi. Selanjutnya ketika website desa dapat terkelola secara baik dapat menjadi cermin identitas dan budaya lokal seperti tentang sejarah, tradisi, dan kegiatan budaya desa.

Kedua, mahasiswa KKN juga fokus pada pendidikan di tingkat dasar dengan memberikan pengajaran pengenalan Microsoft Word kepada anak-anak sekolah dasar di Desa Patalan. Upaya ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi kepada generasi muda, membantu mereka memahami dasar-dasar penggunaan perangkat lunak, dan meningkatkan literasi digital di lingkungan mereka. Pembelajaran Microsoft Word membantu siswa sekolah dasar mengembangkan keterampilan menulis. Siswa dapat belajar menulis surat, esai pendek, cerita pendek, dan tugas-tugas lainnya dengan menggunakan fitur-format yang disediakan oleh Microsoft Word. Siswa diharapkan dapat menguasai dasar-dasar Microsoft Word pada usia dini akan memberikan bekal yang baik bagi siswa ketika mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak tugas di sekolah menengah dan perguruan tinggi memerlukan pemahaman yang baik tentang pengolahan kata.

Selain itu, rangkaian program mahasiswa KKN juga menggelar sosialisasi kepada ibu-ibu PKK tentang cara menanggulangi penipuan online dan pinjaman online. Dengan semakin maraknya kegiatan online, sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para ibu rumah tangga dalam menghadapi potensi risiko dan menjaga keamanan finansial keluarga. Informasi keuangan yang tidak dilindungi dengan baik dapat membuat ibu rumah tangga rentan terhadap penipuan keuangan, terutama dalam konteks pinjaman online. Data seperti nomor kartu kredit atau informasi akun bank dapat disalahgunakan untuk mengakses dana atau melakukan transaksi tanpa izin.

Melalui rangkaian program ini, mahasiswa berperan aktif dalam mendukung transformasi digital di tingkat desa, menciptakan dampak positif, dan membantu masyarakat memahami serta memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan. Selaku penanggungjawab kegiatan yaitu Ahmad Helmi, mahasiswa Ilmu Komputer, berharap Desa Patalan menjadi semakin banyak wawasan dan lebih mengetahui tentang dunia internet terutama cara menggunakan internet dengan baik dan benar serta terhindar dari tindak penipuan dari beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU., selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM UGM turut mengapresiasi langkah yang dilakukan mahasiswa untuk mengenalkan teknologi dan pemanfaatannya kepada masyarakat desa, hal ini dikarenakan mahasiswa desa cenderung dan jarang untuk mengetahui dari perkembangan teknologi, ‘Teknologi harapannya dapat mendorong pengetahuan pertumbuhan masyarakat desa’, pungkas dosen Fakultas Kehutanan tersebut. 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image