You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Patalan
Desa Patalan

Kec. Kendal, Kab. Ngawi, Provinsi Jawa Timur

PAGELARAN WAYANG KULIT UNTUK BERSIH DESA PATALAN

Administrator 29 Juli 2023 Dibaca 133 Kali
PAGELARAN WAYANG KULIT UNTUK BERSIH DESA PATALAN

Bersih desa merupakan kegiatan yang dilakukan secara turun temurun dalam kebudayaan masyarakat khususnya di Jawa. Bersih desa didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang telah diberikan oleh Tuhan yang maha esa baik dari hasil panen,kesehatan, dan kesejahteraan  yang telah diperoleh masyarakat desa. Bersih Desa biasanya dilakukan satu kali dalam satu tahun khususnya pada bulan suro,kegiatan ini dilakukan pada hari tertentu dengan memperhitungkan hari menggunakan kalender jawa.

Bersih desa mempunyai beberapa tahapan diantaranya yaitu membersihkan makam yang ada di Desa, kegiatan ini sering disebut sebagai bersih luhur. Tujuan diadakannya acara ini yaitu untuk membersihkan halangan atau kesusahan yang ada agar kehidupan seluruh warga masyarakat menjadi aman dan tentram. Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari kenduri, mengirim sesaji yang dipergunakan untuk danyang desa atau bahkan menggelar tradisi jawa seperti pertunjukan wayang.

Di dusun Jatirejo Desa Patalan Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi warga beserta para Perangkat Desa mengikuti kenduri kemudian acara dilanjutkan dengan menggelar pertunjukan tari-tarian yang dilakukan oleh siswa-siswi TK-SD se-Desa Patalan kemudian acara dilanjutkan dengan menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon "SEMAR MBANGUN JIWO" yang dihadiri oleh Bapak Sudirman selaku anggota DPRD kabupaten Ngawi,Bapak kepala Desa Patalan dan seluruh Perangkat Desa Patalan. Antusiasme masyarakat desa Patalan sangat tinggi sehingga acara berlangsung dengan lancar dan meriah. Harapan kedepannya agar dijauhkan dari marabahaya,hasil panen melimpah dan seluruh masyarakat desa diberi ketentraman gemah ripah lohjinawi.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image